SELAMAT DANTANG DI JOGJATWEET CORP

Apa itu Rekber / Rekening Bersama?

Bagi yang sudah sering melalukan transaksi online maupun jual beli online, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rekening Bersama, atau yang biasa disingkat menjadi Rekber.
Biasanya hal ini banyak ditemukan pada jual beli yang nominalnya tinggi (mahal). Seperti jual beli handphone, laptop, dan elektronik lainnya.
Kenapa begitu?
Nah, kita bahas dulu pengertian dari rekber itu sendiri.

Rekber adalah suatu instansi yang berperan sebagai perantara dalam terjadinya transaksi online. Sebenarnya rekber itu cuma istilah saja. Diluar negeri istilah ini dikenal dengan nama ESCROW SERVICE. Jadi kalau dagang online keluar negeri, pakenya istilah ini. Di Indonesia, istilahnya adalah REKBER.
Dalam hal ini, rekber berperan sebagai pihak ketiga dalam arah pergerakan uang antara pembeli dan penjual. Berarti, arah pergerakan uang yang semula dari pembeli langsung ke penjual kini diperantarai oleh rekber, agar penjual tidak langsung menerima uang dari pembeli. Setelah produk diterima dan disetujui oleh si pembeli, maka rekber yang akan mengirimkan uangnya ke penjual.

Masih bingung? Nih coba langsung lihat gambarannya aja biar jelas:
Cara Kerja Rekber

Nah, coba kita langsung ke contoh aja ya, biar makin ngerti :D    CONTOH:
1. Ariel bb onyx nya rusak, jadinya dia mau jual aja deh bb nya daripada repot-repot betulin. Jadi dia buka lapak aja deh di kaskus. Ditulis keterangannya BB ONYX Second, LCD rusak, sisanya masih oke 99%, batere mulus, 2 juta nego, dll dll.
2. Besoknya Noah nego 1,5 juta dan deal deh itu. Noah mau ambil aman nih, dia pake jasa rekber crowguard.com. Ariel setuju-setuju dan sepakat deh mereka.
3. Noah transfer 1,5 juta ke rekening bri rekber crowguard.com, lalu rekber crowguard.com kasih informasi ke Ariel bahwa Noah udah transfer sesuai dengan kesepakatan.
4. Nah begitu dapet informasi, Ariel langsung deh kirim bb nya pake jne ke alamat Noah.
5. Besoknya, barang udah sampe ke Noah. Noah cek keadaan bb nya sesuai dengan yang Ariel janjikan (BB ONYX Second, LCD rusak, sisanya masih oke 99%, batere mulus) dan OK sama persis. Ga pake tipu-tipu tuh si Ariel, barangnya sesuai dengan janji.
6. Noah konfirmasi ke rekber crowguard.com bahwa barang sudah sesuai dengan kesepakatan.
7. Rekber crowguard.com transfer uangnya ke rekening mandiri Ariel. Transaksi sukses. Semua senang :)

Nahhh udah ngerti kan pastinya?
Pertanyaan: “Kok kayaknya sama aja ya, kayak transaksi biasa tanpa rekber? mending ga usah pake rekber dong kalo gitu?”
Itu kan di kasus penjual jujur, pembeli jujur, semua senang. Gimana kalau ada yang ga jujur? Apa yang pihak rekber dapat lakukan supaya sang penipu tidak dapat beraksi dengan sukses?

Kita lanjutkan di post berikutnya :)

By : CROWGUARD.COM
kalo ada yg belum percaya dgn kita bisa
pakai ini dulu yak :D 

5 Jogja Tweet Corp.: Apa itu Rekber / Rekening Bersama? Bagi yang sudah sering melalukan transaksi online maupun jual beli online, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rekening Bers...
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Selalu bisa dipercayai